Laman

Selasa, 29 Mei 2012

[Review] Oppa & I


Judul: Oppa & I
Pengarang: Orizuka dan Lia indra andriana
Tebal: 156 halaman
Penerbit: Penerbit Haru
Tahun Terbit: 2011
Harga: Rp 28.000,- (Gramedia), Rp 22.400,- (bukabuku.com)

Park Jae In:

‘Oppa’.

Apa panggilan itu tidak terdengar lucu? Terutama setelah kau pergi meninggalkanku begitu saja lima tahun lalu?

Sekarang saat bertemu lagi, apa yang membuat senyummu selebar itu?

Apa kau senang melihatku seperti ini?

Park Jae Kwon:

Jae In-a.

Kau dulu menggemaskan, tetapi sekarang mengapa begini? Siapa yang membuatmu susah, katakan pada Oppa!

Oppa tak akan membiarkan siapapun menyakitimu!

Oppa akan melindungimu!

"Aku benci orang jahat," Benak Jae In melayang pada Ye Jin, lantas beralih pada Jae Kwon. Tangan Jae In terkepal. "Tapi aku lebih benci orang baik." (Oppa & I, 64)


Novel tipis ini bercerita tentang saudara kembar dampit (apasih itu namanya kembar cowok-cewek) yang terpaksa berpisah karena orang tuanya bercerai. Jae Kwon(Oppa) ikut ayahnya, Jae Bin, yang kaku dan workaholic, ke Korea. Sedangkan Jae In tetap tinggal bersama ibunya yang agak childish, Sandy, di Indonesia.

Lima tahun kemudian, tiba-tiba sang Papa datang ke Indonesia untuk meminta rujuk dengan si Mama dan mengajak istri serta anaknya untuk tinggal bersama. Jae In mau tidak mau pergi ke Korea dan meninggalkan teman-temannya untuk menuruti kemauan ibunya.

Fokus utama ceritanya adalah tentang hubungan antara Jae Kwon dan Jae In. Bagi Jae Kwon, kedatangan saudara kembarnya untuk kembali tinggal bersama sebagai satu keluarga adalah kebahagiaan besar. Kebalikannya dengan Jae In, dia sangat tidak suka saat bertemu kembali dengan Jae Kwon. Bahkan di sekolah barunya, yang sama juga dengan Jae Kwon, Jae In meminta hubungan mereka dirahasiakan, Jae Kwon terpaksa menuruti permintaan Jae In karena dia mengetahui rahasia terbesarnya. Rahasia apa? Spoiler ahahahaha~ ƪ(˘ڡ˘)ʃ

Selain berfokus pada hubungan kakak-adik ini, ada juga cerita mereka di sekolah. Seperti Jae Kwon yang jaga image (malah kesannya bermuka dua) dan menyukai seonbae-nya(kakak kelas) dan juga cerita teman sekelas Jae In yang [sepertinya] menaruh hati padanya. Kisah cinta kakak-adik inilah yang mewarnai novel ini sampai akhir, ditambah lagi konflik keluarga dan kesalahpahaman yang membuat Jae In membenci Jae Kwon akhirnya terungkap. Kesalahpahaman apa? Spoiler spoiler ƪ(˘ڡ˘)ʃ

Saya baca novel ini beberapa bulan yang lalu waktu mau pergi tapi harus nunggu ortu pulang kondangan dulu[penting banget]. Untuk novel setipis ini, kurang dari dua jam saya sudah selesai membacanya.

Sebenernya agak nyesel beli novel ini di Gramed, soalnya di bukabuka.com lebih murah. Tapi, karena nggak tahan sama promosi penerbitharu yang besar-besaran, akhirnya saya beli juga tanpa ngecek di bukabuku.com dulu. [curcol pembaca]

Penyampaian ceritanya cukup menarik ditambah lagi gambar-gambar lucu disetiap pergantian bab. Tapi menurut saya kok ceritanya agak datar ya? Mungkin karena waktu itu saya lagi mengikutin Four Season Series-nya Ilana Tan yang "agak berat" itu, jadi waktu baca novel ini terasa [agak] hambar. Saya baca teliti perhalaman siapa tau nemu konflik yang agak berat gitu, tapi ternyata sampai akhir nggak ada. Malah menurut saya [maaf] endingnya agak kurang ngena. Tapi, bukan berarti novel ini nggak bagus ya, soal itu kan relatif. Saya cuma menyampaikan pendapat aja.

Perlu dicatat, buat yang ngira novel bersetting negeri ginseng ini adalah novel romance[seperti kebanyakan cerita Korea], sepertinya bakalan [agak] kecewa. Walaupun ada sedikit romance ala anak SMA, cerita novel ini lebih fokus ke hubungan keluarga.

Dari segi tampilan, novel ini covernya lucu, ditambah lagi kertas covernya yang agak bergerigi gimana gitu[mungkin ini ciri khas penerbitharu]. Overall, saya kasih 3 bintang buat novel ini.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comments here