Laman

Sabtu, 26 Mei 2012

[Review] So, I Married the Anti-Fan


Judul Buku : So, I Married the Anti-Fan
Penulis : Kim Eun Jeong
Penerbit : Penerbit HaruTebal : 540 Halaman
Tahun Terbit: 2012
Harga: Rp 60,000,- (Gramedia), Rp 48.000,- (bukabuku.com)

“Anti-fan bukan orang yang selalu melawan atau memaki-maki selebriti tanpa tahu apakah itu fakta atau bukan. Keberadaan anti-fan menandakan bahwa ada kekurangan pada diri selebritis tersebut. Bukankah anti-fan sejati adalah anti-fan yang member tepuk tangan, menepuk pundaknya dan menyalaminya ketika selebriti tersebut mengakui kekurangannya, bersedia mendengar kritik pedas, dan berusaha memperbaikinya?” (So, I Married the Anti-Fan, 414)


Cerita berawal dari seorang wartawan bernama Geun Yong, yang diminta untuk meliput sebuah acara pembukaan klub seorang selebriti. Sayangnya, pekerjaan tersebut malah membawanya pada kesialan. Geun Yong yang saat itu sedang mabuk, berpapasan dengan artis Korea yang sangat terkenal: Hu Joon. Tanpa sengaja, Geun Yong melihat Hu Joon berkata kasar pada seorang gadis dan membuatnya menangis. Padahal image Hu Joon selama ini di masyarakat adalah seorang selebriti yang baik hati dan lembut. Setelah kejadian itu, tanpa sengaja Geun Yong muntah di atas sepatu Hu Joon. Mulai saat itulah Geun Yong ditimpa kesialan bertubi-tubi.

Tak lama setelah kejadian tersebut, Geun Yong dipecat dari pekerjaannya sebagai wartawan. Geun Yong menganggap bahwa hal tersebut pasti ada hubungannya dengan Hu Joon, karena perusahaan Hu Joon sedang bekerjasama dengan perusahaan Hu Joon. Selain itu, kesialan demi kesialan mulai berdatangan. Sejak hari itu, Geun Yong berusa menunjukkan sikap Hu Joon yang kasar itu pada semua orang. Dia terang-terangan mengakui dirinya sebagai Anti-Fan Hu Joon.

Karena keberaniannya secara terang-terangan mengakui dirinya sebagai Anti-Fan, Geun Yong mendapat tawaran untuk terlibat dalam sebuah variety show bernama So, I Married the Anti-Fan. Geun Yong yang sedang tidak punya pekerjaan, uang, dan tempat tinggal, amat sangat tergiur dengan 10 juta won yang akan ia dapatkan jika ia menerima tawaran tersebut. Awalnya dia tidak tahu siapa pasangannya, ternyata dia harus berpasangan dengan selebriti yang paling dibencinya, yaitu Hu Joon. Geun Yong yang semula akan menolak ketika akan dipasangkan dengan Hu Joon, akhirnya menerima pekerjaan tersebut walaupun dia harus menerima caci-maki dan segala ancaman dari fan-fan Hu Joon.

Dalam acara tersebut, Geun Yong berperan sebagai manajer Hu Joon yang selalu menemani kemanapun Hu Joon pergi. Mulai saat itulah mereka berdua saling menjatuhkan; Geun Yong yang selalu berusaha memperlihatkan sisi buruk Hu Joon, dan Hu Joon yang berusaha membuat Geun Yong mengakui "kehebatannya" sebagai seorang selebritis.

Segitu aja deh ya, lanjutannya baca sendiri di So, I Married the Anti-Fan.

Saya beli novel ini karena penasaran, udah sebulan lebih selalu masuk "TOP 10 BOOK of THE WEEK"nya bukabuku.com. Kedua, karena JUDULNYA. Baru baca judulnya aja udah mikir macem-macem gimana serunya novel ini. Selain itu, karena covernya yang unyu ahahahaha~. Datang Rabu sore, tapi baru bisa baca Kamis malem dan Jumat malem udah selesai. Padahal awalnya agak males baca karena 50an halaman awal bikin bosen; cerita soal Geun Yong yang ibarat sudah jatuh tertimpa tangga ketabrak truk sampah pula, tapi setelah itu malah pengin terus baca sampai lembur.

Sebenarnya akhir ceritanya udah bisa ditebak sih [walaupun ada yang meleset dikit], tapi "prosesnya" itu loh yang seru khas drama komedi-romantis Korea.Dari novel ini, bisa dilihat sisi lain kehidupan selebriti yang nggak selamanya menyenangkan, penuh tekanan, dan harus selalu menjaga imagenya di depan para fannya. Intinya, selebriti juga manusia.

Selain itu, juga bisa dilihat sisi menarik dari seorang anti-fan. Bukan cuma anti-fan yang cuma bisa "ngomong kasar" pada seorang selebritis. Memang sih, setiap ada cahaya, pasti ada bayangan yang menyertainya. Intinya, tiap ada selebriti, pasti ada fannya dan pasti ada anti-fannya juga. Tapi, alasannya yang masuk akal lah kalo jadi anti-fan. Misal alasan yang masuk akal, gak suka grup A karena memplagiat lagu dari grup lain dan ada buktinya [no bashing yeee...]. Tapi, ada juga alasan yang gak masuk akal, misal waktu saya baca di salah satu forum intl., ada yang gak suka grup X karena personilnya pada cakep-cakep [itu pasti yang nulis cowok ahahahaha~].

Baca novel ini rasanya kayak nonton K-drama. Katanya sih, novel ini mau dibuat versi film atau dramanya, tapi gak tau juga sih. Tapi, kalo misalnya bener nih, pengin pemerannya tuh:
Hu Joon - Mas Jung Il Woo[mukanya cakep sengak-kayak di Ramyun Shop itu] atau kalo gak Mas TOP-Bingbang[mukanya cocok] atau Om Eric-Shinhwa[kayak di Myungwol the Spy], atau Tamaki Hiroshi juga cocok *ahahaha~  Chiaki senpai]
Geun Yong - Mbak Yoon Eun Hye[diliat dari karakter di drama-drama sebelumnya, ceroboh tapi berani dan tegar]
Ji Hyang - Mas yang jadi Park Hae Yong[My Princess] atau Mas yang jadi Hyun Ki Joon[Lie to Me] gak tau namanya.
Dan lainnya...dan lainnya.
Saya kasih 3,5 dari 5 bintang. Tapi, karena saya suka K-drama dibulatin jadi 4 deh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Leave your comments here